Rangkuman
Pengembangan Materi Pembelajaran
1. Pengertian
Materi atau Bahan Ajar Pembelajaran
Adalah suatu yang disajikan guru untuk di olah dan
dipahami oleh siswa dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan instruksional yang
telah di tetapkan. Materi pelajaran merupakan inti dari kegiatan pembelajaran.
2. Sumber
dan bahan ajar
Sumber belajar yang di tetapkan sebagai informasi yang
disajikan dan disimpan dalam bentuk media yang dapat membantu siswa dalam
belajar wujudkan kurikulum, bentuk yang tidak terbatas, berupa cetakan, video,
forman perangkat lunak. Sumber materi pelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk
proses pembelajaran dapat dikategorikan sebagai berikut:
a. Tempat
atau lingkungan, sumber
pelajaran yang sangat kaya sesuai dengan tuntunan kurikulum. Ada 2 bentuk lingkungn
belajar yakni ;
Pertama, lingkungan atau tempat yang sengaja didesain untuk belajar
siswa seperti laboratorium, perpustakaan, ruang internet dan lain sebagainya.
Kedua, lingkungan yang tidak didesain untuk proses pembelajaran akan
tetapi keberadaannya dapat dimanfaatkan, misalnya halaman sekolah, taman
sekolah, kantin, kamar mandi, dan lain sebagainya.
b. Orang
atau narasumber
c. Objek,
merupakan sumber
informasi yang akan membawa siswa pada pemahaman yang lebih sempurna tentang
sesuatu.
d. Bahan
cetak dan noncetak, bahan
cetak adalah berbagai informasi sebagai materi pelajaran yang disimpan dalam
berbagai bentuk tercetak seperti buku, majalah, koran dan lain sebagainya.
Sedangkan bahan belajar noncetak adalah informasi sebagai materi pelajaran yang
disimpan dalam berbagai bentuk alat komunikasi elektronik yang biasanya
berfungsi sebagai media pembelajaran misalnya dalam bentuk kaset, video,
computer, CD. Terdapat tiga jenis bahan cetak dan noncetak yang dapat dijadikan
sumber pelajaran. Pertama, bahan-bahan
yang dapat dijadikansumber belajar utama untuk setiap individu. Kedua, cetak yang disusun sebagai bahan
penunjang, dan dirancang bukan sebagai bahan pelajaran individual. Ketiga, bahan yang tidak dirancang
khusus untuk pembelajaran, tetapi dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan
dan wawasan siswa dalam mempelajari sesuatu.
3. Kriteria
pemilihan materi pembelajaran
a.
Kriteria
tujuan instruksional.
b.
Materi
pelajaran supaya terjabar
c.
Relevan
dengan kebutuhan siswa
d.
Kesesuaian
dengan kondisi masyarakat
e.
Materi
pelajaran mengandung segi-segi etik
f.
Materi
pelajaran tersusun dalam ruang lingkup dan urutan yang sistematis dan logis
g.
Materi
pelajaran bersumber dari buku sumber yang baku, pribadi guru yang ahli, dan
masyarakat
h.
Terorganisasi
Secara kesinambungan dan sistematis
4. Identifikasi
satuan pembahasan
Sebagai landasan bagi penyusunan satuan pelajaran,
artinya pelajaran didasarkan atas satuan waktu melainkan lebih didasarkan
adanya satuan konsep atau pengertian atau masalah tercermin dalam satu atau
beberapa pokok bahasan.
5. Pengemasan
materi pembelajaran
a.
Prinsip
pengemasan, beberapa pertimbangan teknis dalam mengemas isi atau materi
pelajaran menjadi bahan belajar diantaranya adalah:
1.
Kesesuai
dengan tujuan yang harus dicapai
2.
Kesederhanaan
3.
Unsur-unsur
desain pesan
4.
Pengorganisasian
bahan
b.
Bentuk-bentuk
pengemasan
1.
Materi
pelajaran terprogram
2.
Pengemasan
materi pelajaran melalui modul
3.
Pengemasan
materi pelajaran kompilasi
Daftar Pustaka
Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2011.
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka
Cipta, 2008.
Ibrahim R&S, Nana Syaodih, Perencanaan
Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Sanjaya Wina, Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana,
2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar