Nama :
Schara Charity Pasaribu
NIM :
18.04.11.7192
Jur/Sem/Grup :
PAK/IV/F
M.Kuliah :
Perencanaan Pembelajaran
Pengertian Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli
1. Menurut
Nana Sudjana, Perencanaan
pembelajaran adalah kegiatan memproyeksikan tindakan apa
yang akan dilaksanakan dalam suatu pembelajaran (PBM) yaitu dengan
mengkoordinasikan (mengatur dan merespon) komponen-komponen pembelajarn
sehingga arah kegiatan (tujuan), isi kegiatan (materi), cara penyampaian
kegiatan (metode dan teknik), serta bagaimana mengukurnya (evaluasi) menjadi
jelas dan sistematis.
2. Menurut Reigeluth,
Perencanaan Pembelajaran adalah merupakan suatu sistem pengembangan setiap
unsur pembelajaran, meliputi pengembangan tujuan, isi, metode, dan pengembangan
evaluasi.
3. Menurut Smith
& Ragan, perencanaan pembelajaran adalah proses sistematis dalam
mengertikan prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan
aktivitas pembelajaran. Proses sistematis dan berfikir dalam mengartikan
prinsip belajar dan pemebelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas
pemebelajaran.
4. Menurut Ibrahim,
perencanaan pembelajaran adalah kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan
dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang dipakai untuk menilai
pencapaian tujuan tersebut, materi apa yang akan disampaikan, bagaimana cara
menyampaikan, serta alat atau media apa yang diperlukan.
5. Menurut Banghart
dan Trull, perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan materi
pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan atau metode
pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa satu
semester yang akan datang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
6. Menurut
Cunningham, Perencaan Pembelajaran adalah menyeleksi dan menghubungkan
pengetahuan, fakta-fakta, imajinasi-imajinasi, dan asumsi-asumsi untuk masa
yang akan dating dengan tujuan untuk menvisualisasikan dan memformulasikan
hasil yang diningginkan, urutan kegiatan yang di perlukan dalam batas-batas
yang dapat diterima yang akan digunakan dalam penyelesaian.
7. Menurut
Guruge, Perencanaan Pembelajaran
adalah proses mempersiapkan kegiatan di masa depan dalam bidang pembangunan
pendidikan adalah perencanaan pendidikan.
8. Menurut
Albert Waterston, Prencanaan
Pembelajaran adalah investasi pendidikan yang dapat di jalankan dan
kegiatan-kegiatan pembangunan lain yang didasarkan atas pertimbangan ekonomi
dan biaya serta keuntungan social.
9. Menurut
Coombs, Perencanaan Pembelajaran
adalah suatu penerapan yang rasional dari analisis sistematis proses perkembangan
pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan efesien serta
sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta didik dan masyarakatnya.
10. Menurut Steller,
Perencanaan Pembelajaran adalah hubungan antara apa yang ada sekarang (what
is) dan bagiamana seharusnya (what should be).
Kesimpulan : Perencanaan
Pembelajaran adalah kegiatan yang akan di capai oleh suatu kegiatan
pembelajaran yang meliputi pengembangan tujuan, isi atau materi, metode yang di
pakai dan pengembangan evaluasi atau rancangan aktivitas pembelajaran selama
satu semester yang efektif dan efesien.
Komponen RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran)
1. Identitas
Sekolah, yaitu nama satuan pendidikan. Standard Kompetensi Lulusan (SKL).
2. Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar yang dari pusat atau pemerintahan.
· Kompetensi
Inti, yaitu kemampuan pokok. Yang terdiri dari
a.
Spritual
b.
Sosial
c.
Pengetahuan
d.
Ketrampilan.
· Kompetensi
Dasar. Terdiri dari
a.
K.D
pada K.I Spritual
b.
K.D
pada K.I Sosial
c.
K.D
pada K.I Pengetahuan
d.
K.D
pada K.I Ketrampilan
3. Indicator
Pencapain Kompetensi ( IPK )
a.
Indikator
K.D pada K.I Spritual
b.
Indikator
K.D pada K.I Sosial
c.
Indikator
K.D pada K.I Pengetahuan
d.
Indikator
K.D pada K.I Ketrampilan
4. Tujuan
Pembelajaran, yaitu yang berdasarkan KD dengan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap,
pengetahuandan ketrampilan.
5. Materi
Pembelajaran, yaitu fakta, konsep, dan prinsip dan prodesur bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan
indicator ketercapaian kompetensi.
6. Strategi
Pembelajaran, yang meliputi pendekatan, strategi dan metode. Metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik
untuk mewujudkan suasana belajar dan preses pembelajaran agar peserta didik
mencapai termasuk sikap, etika kerja dan nilai-nilai karakter, literasi dan
kecakapan abad 21 yang akan dibangun.
7. Kegiatan
pembelajaran, yang dilakukan melalui tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti
dan penutup dengan mengintergrasikan nilai-nilai karakter sesuia dengan hasil
perancah pemaduan sintaks model pembelajaran dan pendekatan saintifik.
8. Media
Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran .
9. Sumber
Pembelajaran, meliputi buku, majalah, blog dan internet.
10. Penilaian
Belajar, yaitu teknik penilaian dan instrument penilain, yang hasil belajar
disesuaikan dengan indicator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standard
penilian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar