Minggu, 08 Maret 2020

Rangkuman Perencanaan Pembelajaran PAK


Nama               : Schara Charity Pasaribu
NIM                : 18.04.11.7192
Jur/Sem/Grup  : PAK/IV/F
M.Kuliah         : Perencanaan Pembelajaran

            Pengertian Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli
1. Menurut Nana Sudjana, Perencanaan pembelajaran adalah kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu pembelajaran (PBM) yaitu dengan mengkoordinasikan (mengatur dan merespon) komponen-komponen pembelajarn sehingga arah kegiatan (tujuan), isi kegiatan (materi), cara penyampaian kegiatan (metode dan teknik), serta bagaimana mengukurnya (evaluasi) menjadi jelas dan sistematis.

2. Menurut Reigeluth, Perencanaan Pembelajaran adalah merupakan suatu sistem pengembangan setiap unsur pembelajaran, meliputi pengembangan tujuan, isi, metode, dan pengembangan evaluasi.

3. Menurut Smith & Ragan, perencanaan pembelajaran adalah proses sistematis dalam mengertikan prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas pembelajaran. Proses sistematis dan berfikir dalam mengartikan prinsip belajar dan pemebelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas pemebelajaran.

4. Menurut Ibrahim, perencanaan pembelajaran adalah kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikan, serta alat atau media apa yang diperlukan.

5. Menurut Banghart dan Trull, perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan atau metode pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa satu semester yang akan datang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

6. Menurut Cunningham, Perencaan Pembelajaran adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta-fakta, imajinasi-imajinasi, dan asumsi-asumsi untuk masa yang akan dating dengan tujuan untuk menvisualisasikan dan memformulasikan hasil yang diningginkan, urutan kegiatan yang di perlukan dalam batas-batas yang dapat diterima yang akan digunakan dalam penyelesaian.

7. Menurut Guruge, Perencanaan Pembelajaran adalah proses mempersiapkan kegiatan di masa depan dalam bidang pembangunan pendidikan adalah perencanaan pendidikan.

8. Menurut Albert Waterston, Prencanaan Pembelajaran adalah investasi pendidikan yang dapat di jalankan dan kegiatan-kegiatan pembangunan lain yang didasarkan atas pertimbangan ekonomi dan biaya serta keuntungan social.

9. Menurut Coombs, Perencanaan Pembelajaran adalah suatu penerapan yang rasional dari analisis sistematis proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan efesien serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta didik dan masyarakatnya.

10. Menurut Steller, Perencanaan Pembelajaran adalah hubungan antara apa yang ada sekarang (what is) dan bagiamana seharusnya (what should be).

Kesimpulan : Perencanaan Pembelajaran adalah kegiatan yang akan di capai oleh suatu kegiatan pembelajaran yang meliputi pengembangan tujuan, isi atau materi, metode yang di pakai dan pengembangan evaluasi atau rancangan aktivitas pembelajaran selama satu semester yang efektif dan efesien.

  
Komponen RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
1. Identitas Sekolah, yaitu nama satuan pendidikan. Standard Kompetensi Lulusan (SKL).
2.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dari pusat atau pemerintahan.
· Kompetensi Inti, yaitu kemampuan pokok. Yang terdiri dari
a.       Spritual
b.      Sosial
c.       Pengetahuan
d.      Ketrampilan.
· Kompetensi Dasar. Terdiri dari
a.       K.D pada K.I Spritual
b.      K.D pada K.I Sosial
c.       K.D pada K.I Pengetahuan
d.      K.D pada K.I Ketrampilan
3.  Indicator Pencapain Kompetensi ( IPK )
a.       Indikator K.D pada K.I Spritual
b.      Indikator K.D pada K.I Sosial
c.       Indikator K.D pada K.I Pengetahuan
d.      Indikator K.D pada K.I Ketrampilan
4.  Tujuan Pembelajaran, yaitu yang berdasarkan KD dengan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuandan ketrampilan.
5.  Materi Pembelajaran, yaitu fakta, konsep, dan prinsip dan prodesur bentuk butir-butir  sesuai dengan rumusan indicator ketercapaian kompetensi.
6. Strategi Pembelajaran, yang meliputi pendekatan, strategi dan metode. Metode  pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan preses pembelajaran agar peserta didik mencapai termasuk sikap, etika kerja dan nilai-nilai karakter, literasi dan kecakapan abad 21 yang akan dibangun.
7.  Kegiatan pembelajaran, yang dilakukan melalui tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup dengan mengintergrasikan nilai-nilai karakter sesuia dengan hasil perancah pemaduan sintaks model pembelajaran dan pendekatan saintifik.
8.  Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran .
9.    Sumber Pembelajaran, meliputi buku, majalah, blog dan internet.
10. Penilaian Belajar, yaitu teknik penilaian dan instrument penilain, yang hasil belajar disesuaikan dengan indicator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standard penilian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar